Popular Posts

What’s Hot

# 2.1 Membuat dokumen baru pada Microsoft Word 2010



Ini adalah tutorial ketiga dari Materi [MAHIR] Microsoft Word 2010 disini kita akan membahas cara Membuat dokumen baru pada Microsoft Word 2010, setelah sebelumnya kita telah Mengenal Interface dan Fungsi Menu pada Microsoft Word 2010, Semoga sampai tahap ini tidak ada kendala yang kalian hadapi, Di BAB 2 Bagian 1 ini kita sudah memasuki tahap penulisan, karena kita adalah seorang pemula dalam menggunakan Program Microsoft Word 2010 artinya kita harus membuat Dokumen baru sesuai dengan kebutuhan kita.

Seperti sudah kita pelajari sebelumnya yaitu Mengenal Interface dan Fungsi Menu pada Microsoft Word 2010  kali ini untuk membuat Dokumen baru kita akan menggunakan beberapa menu yang sudah kita pelajari sebelumnya, 

Pada umumnya ketika kita memulai Program Microsoft Word 2010 maka secara otomatis Dokumen baru akan terbuka, dan cara membuat dokumen baru ini berlaku hanya jika dokumen pertama yang kita buat sudah selesai kemudian kita ingin menambah dokumen lain.

  • Membuat dokumen baru pada Microsoft Word 2010



Caranya adalah dengan kita memilih menu File atau bisa menggunakan shortcut Alt + F lalu kita pilih Menu "New" maka akan muncul tampilan baru disamping kanan, setelah itu kita pilih "Blank Document" yang artinya kita akan Membuat Dokumen Kosong, setelah itu kita pilih Create dan Dokumen baru kita sudah selesai kita buat.



  • Mengatur Font Standar.




  1. Font face : Untuk mengatur jenis Font Klik pada tanda panah ke Bawah. Font standar untuk penulisan Surat adalah : Arial, Times New Roman, Book Antiqua, Bookman Old Style, Garamond, Calibri, dll.
  2. Font Size : Untuk mengatur ukuran huruf, Ukuran standar adalah 12 untuk isi dan 14 untuk judul
  3. Font Color : Untuk mengatur warna huruf, gunakan warna huruf yang tidak begitu kontras, untuk penulisan resmi warna yang digunakan adalah Hitam.

  • Mengatur Halaman Dokumen Standar.

  1. Margin : Untuk mengatur jarak atara teks dengan Batas kertas, Pilih "Normal" untuk menerapkan pengaturan Standar.
  2. Orientasi : untuk mengatur posisi halaman, pilihlah Potrait untuk membuat posisi halaman Vertikal.
  3. Size : Untuk mengatur ukuran halaman dokumen kita, pilihlah A4 untuk mendapatkan ukuran standar.


Setelah merubah pengaturan halaman dokumen kita menjadi standar cobalah untuk menulis beberapa kalimat, gunakan beberapa fitur yang ada di menu Home di kolom Font untuk memperindah tulisan kita. gunakan tombol "Caps Lock" Pada Keyboard untuk menulis huruf kapital, atau tekan "Shift" jika hanya beberapa huruf saja yang ingin kapital.



Tutorial ini hanyalah pengetahuan dasar dari sebuah Program Microsoft Word 2010, Cobalah untuk mengeksplore dan mencoba menu - menu dan fitur - fitur yang ada untuk menambah pengetahuan kita, setelah kita belajar cara Membuat dokumen baru pada Microsoft Word 2010, dipostingan selanjutnya kita akan mempelajari tentang cara Menyimpan dokumen dari Microsoft Word 2010, Pastikan di Bagian ini kalian benar - benar memahami cara - caranya sebelum menuju ke Bagian selanjutnya, saya akan sangat senang jika ada yang bertanya karena belum paham, tinggalkan pertanyaan di Kolom Komentar dan saya akan berusaha menjawab dan memberikan solusi kepada kalian, Terima Kasih 


0 komentar:

Posting Komentar