Popular Posts

What’s Hot

# 3.2 Membuat Alinea pada Microsoft Word 2010.



Sebelum lebih jauh kedalam materi ini kita harus memahami, Apa sih Alinea itu ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Adalah bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih; paragraf; , untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh alinea.





Setelah kita mengetahui apa itu Alinea atau paragraf barulah kita mempelajari cara membuat alinea, Disini kita mempelajari cara agar baris pertama secara otomatis menjorok kedalam di semua paragrafnya.


Dalam Microsoft Word Kita akan mengenal Indent, Indent sendiri letaknya di Horizontal ruler dan terdiri dari 3 bagian :

  • First Line Indent : Untuk membuat baris pertama menjorok kedalam.
  • Hanging Indent : Digunakan untuk membuat semua baris menjorok kecuali baris pertama.
  • Left Indent : Untuk membuat semua baris menjorok mengikuti garis yang telah diatur.


Untuk cara menggunakan Indent sangat mudah, karena kita hanya perlu Klik Tahan "Drag" indent yang kita butuhkan kemudian menggesernya kedalam,



Sebagai Contoh Paragraf yang Indent Belum Diatur :





Paragraf yang sudah diatur First Line Indentnya (Perhatikan perbedaannya)





Paragraf yang diatur dibagian Hanging Indent :





Dan terakhir adalah paragraf yang diatur bagian Left Indentnya :




Gimana, Mudah Bukan, Kalian kita hanya perlu menarik Indent sesuai keinginan kita dan Selesai, yang harus diperhatikan adalah, karena Posisi Indent yang menempel satu sama lain dan bentuknya kecil membuat kita sedikit kesulitan "Drag" Indent sesuai keinginan kita, namun kalau kita sudah biasa maka pasti tidak akan sulit, Saya rasa cukup untuk materi dibagian ini, kita akan lanjut ke Bab 3 bagian 3 Mengatur Jarak Spasi Paragraf pada Microsoft Word 2010. Nah jika ada yang perlu dipertanyakan silahkan tinggalkan Komentar, saya akan menjawab sebisa mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar