Popular Posts

What’s Hot

# 3.4 Mengatur Tabulasi Pada Dokumen Microsoft Word 2010.




Setelah mengetahui Line Spacing pada bagian mengatur jarak spasi paragraf pada Microsoft Word 2010. kali ini kita akan mempelajari cara mengatur Tabulasi pada Dokumen Microsoft Word 2010. sebelumnya kita pahami dulu, apa sih tabulasi itu, tabulasi adalah fasilitas yang ditawarkan dalam Microsoft Word yang digunakan untuk membuat dokumen lebih rapih dengan memaksimalkan tombol TAB, Jika belum mengetahui tombol TAB letaknya tepat diatas Tombol Caps Lock, lalu dimana letak fasilitas Tabulasi, dan bagaimana cara mengaktifkannya, Disini kita akan mempelajari sampai kita benar-benar mengerti tentang tabulasi.


Fasilitas Tabulasi berupa Icon Kecil yang berada di sebelah kiri Horizontal ruler :






Ada 5 jenis tabulasi yang tentunya dengan fungsi berbeda :






Left Tab : Untuk penulisan Teks Rata Kiri.

Center Tab : Untuk penulisan Teks Rata Tengah.

Right Tab : Untuk penulisan Teks Rata Kanan.

Decimal Tab : untuk mengatur garis lurus bilangan desimal

Bar Tab : Untuk memberikan tanda garis lurus tiap baris teks.








Setelah mengetahui letaknya dan fungsinya agar lebih memahami lagi, berikut contoh penggunan tabulasi yang berbeda.






Nah semoga gambar diatas bisa menambah pemahaman kita akan Tabulasi, lalu bagaimana cara mengaktifkannya ?, cara mengaktifkannya tidaklah sulit, jika sebelumnya kita telah mempelajari Indent cara menerapkan tabulasi tidak jauh berbeda,


  • Cara Menerapkan Ikon Tabulasi :


  1. Klik pada ikon tabulasi yang berada disebelah kita Horizontal ruler untuk menentukan jenis tabulasi yang akan diterapkan.
  2. Klik pada Horizontal Ruler maka tabulasi terpilih akan tersemat di bagian ruler
  3. Tekan Tombol Tab pada Keyboard Untuk memulai.





  • Cara Menghilangkan Ikon Tabulasi :


Setelah mengetahui cara menerapkannya kita juga harus mengetahui cara menghilangkan ikon tabulasi pada ruler, karena semakin banyak kita menggunakan tabulasi pekerjaan kita akan terganggu,

  1. Pilih tabulasi yang ingin dihapus
  2. Klik tahan "Drag" kebawah tabulasi tersebut, dan tabulasi akan hilang.

Mudah bukan ? Tabulasi memiliki ikon yang kecil tapi fungsinya sangat besar, kita akan sangat membutuhkan tabulasi saat penulisan Tanggal surat yang berada dipojok kanan, penulisan tanda tangan dimana Nama dan Jabatan harus center, dan masih banyak lagi lainnya.

Semoga materi singkat ini bisa bermanfaat buat kalian, nantikan materi - materi selanjutnya dan teruslah berlatih, dengan berlatih akan meningkatkan kemampuan kita. selanjutnya kita akan mempelajari cara mengatur perataan paragraf pada Dokumen Microsoft Word 2010, jika pada materi ini terdapat beberapa hal yang kurang dipahami silahkan berikan pertanyaan melalui kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar