Popular Posts

What’s Hot

# 1.2 Mengenal Interface dan Fungsi Menu pada Microsoft Word 2010



Setelah mempelajari cara Menjalankan dan memulai Program Microsoft Word 2010 kali ini kita berada di BAB 1 bagian 2, dimana disini kita akan Mengenal Interface dan Fungsi Menu pada Microsoft Word 2010.

Sama halnya dengan Program/Aplikasi yang lain, Microsoft Word 2010 memiliki Menu yang nantinya digunakan untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan penulisan, jika kita sudah pernah menggunakan Microsoft Word Versi sebelumnya bagian ini tidaklah sulit karena Interface (Tampilan) Microsoft Word 2010 tidak jauh berbeda dengan Versi sebelumnya hanya ada beberapa fitur tambahan dan perubahan penampilan, Namun jika kita masih pemula dalam menggunakan Microsoft Word maka Bagian ini sangatlah penting, karena kita akan mengenal menu - menu yang ada serta mengetahui fungsinya.

Sebelum kita benar - benar menggunakan Microsoft Word 2010, kita harus mengenal Menu dan Fungsinya, Utamakan kita benar - benar memahami dan bukan sekedar menghafal.

Mengenal Interface Microsoft Word 2010





  1. TITLE : Biasa disebut juga Judul Dokumen, jika kita membuka file Microsoft Word maka Nama Dokumen akan tertera di Title, tapi kalau kita membuat dokumen baru dan belum menyimpannya maka yang digunakan adalah Title Standar yaitu "Document1".
  2. QUICK ACCESS : Merupakan tempat menu - menu diletakan agar cepat dan mudah digunakan, kita dapat mengatur menu apa saja yang akan dimasukan ke dalam Quick Access ini, umumnya menu Save, Print, Undo, Redo, New, dll.
  3. TAB MENU : Berisi Menu - menu yang nantinya digunakan untuk melakukan penulisan, Tab Menu ini terdiri dari beberapa Komponen yaitu : Home, Insert, Page layout, References, Mailings, Review, View.
  4. MENU RIBBON : Menu Ribbon adalah kumpulan fitur yang dikelompokan dan merupakan isi dari Tab Menu, tiap-tiap fitur memiliki fungsinya masing-masing.
  5. RULER : Ruler adalah penggaris yang nantinya digunakan untuk mengukur jarak antar Alinea, dsb. ada dua Rules dalam Microsoft Word, yaitu Horizontal Ruler, dan Vertikal Ruler.
  6. SCROLL BAR : Digunakan untuk menggulung halaman, ada dua Macam Scroll Bar dalam Microsoft Word 2010 yaitu : Vertikal Scroll Bar, dan Horizontal Scroll bar.
  7. STATUS BAR : Untuk mengetahui sudah berapa banyak kata yang kita Tulis dan Sudah berapa halaman yang kita buat.
  8. ZOOM : Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil Document area.
  9. DOCUMENT AREA : adalah halaman kerja menggantikan kertas, dan nantinya tulisan kita akan diletakan di area ini.


Mengenal Menu dan Fungsi pada Microsoft Word 2010

Setelah mempelajari Interface (tampilan awal) Microsoft Word 2010 kita akan mempelajari lebih mendalam lagi tentang menu dan alat yang digunakan untuk penulisan beserta fungsinya, menu disini adalah Kumpulan alat yang berada di Menu Ribbon.

  • FILE, adalah menu utama  dari Microsoft Word 2010, menggantikan Office button pada Microsoft Word 2007, dari menu ini kalian dapat memulai membuat dokumen baru, menyimpan dokumen, membuka dokumen, dan mencetak dokumen, kalian bisa mengaktifkan menu ini dengan Klik menu bertulisan File di pojok kanan atas, atau menggunakan shortcut (Alt + F).

  1. Save : Menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang kita kerjakan.
  2. Save As : Menu yang digunakan untuk menyimpan dokumen yang sedang kita kerjakan namun dengan nama yang berbeda dari nama sebelumnya.
  3. Open : Untuk membuka dokumen yang pernah kita simpan.
  4. Close : Untuk menutup dokumen tanpa menutup aplikasi Microsoft Wor 2010.
  5. Info : Memberikan informasi tentang dokumen yang sedang kita kerjakan, sama halnya seperti "Status Bar" namun Menu Info ini lebih detail.
  6. Recent : Berisi beberapa daftar dokumen yang pernah kita buka atau kita kerjakan sebelumnya.
  7. New : Untuk membuat dokumen baru.
  8. Print : Untuk mencetak dokumen yang sudah kita kerjakan.
  9. Save & Send : Untuk menyimpan dokumen kedalam bentuk file yang mudah di baca di Web dan mengirim ke E-mail.
  10. Help : Fasilitas yang diberikan Microsoft Word 2010 untuk membantu kita apabila memiliki kendala dalam menggunakan aplikasi ini.
  11. Option : Untuk melakukan pengaturan aplikasi Microsoft Word 2010, mulai dari tampilan, penyimpanan, Bahasa, dll.
  12. Exit : Untuk menutup program Microsoft Word 2010 beserta semua dokumen yang sedang dibuka, pastikan kita sudah menyimpan dokumen yang sudah kita buat.

  • HOME : Menu yang aktif pertama kali ketika kita membuka Program Microsoft Word 2010, karena berisi perintah yang paling sering digunakan atau perintah standar, untuk mengaktifkan menu Home kalian bisa menggunakan Shorcut (Alt + H)



  1. Clipboard : Berisi pilihan alat untuk memformat teks, dari Copy, Paste, Cut, dll.
  2. Font : Menu digunakan untuk mengatur huruf, ukuran huruf, jenis huruf, Tebal atau garis bawah, warna huruf, dll.
  3. Paragraph : Untuk mengatur paragraf huruf dalam dokumen yang kalian buat, berisi align atau perataan huruf (rata kanan, kiri, tengah, dan justify atau rata kanan kiri), jarak baris paragraph, dll.
  4. Style : Untuk mengatur gaya paragraph sesuai kebutuhan dan sesuai keinginan.
  5. Editing : berisi fitur yang berfungsi untuk mencari kata yang ada didalam dokumen dan dapat mengganti kata terpilih secara keseluruhan.

  •  INSERT : Menu ini terdiri dari beberapa fitur untuk memasukan, menyisipkan, atau menambahkan Objek ke dokumen kerja kita, untuk mengaktifkan menu ini kita bisa menggunakan Shortcut (Alt + N)



  1. Pages : adalah fitur yang digunakan jika kita ingin menyisipkan Cover halaman depan, Menyisipkan halaman satu kosong, dan memindahkan teks kehalaman berikutnya.
  2. Tables : Digunakan untuk menyisipkan Tabel sesuai keinginan dan kebutuhan kita.
  3. Illustration : digunakan untuk menyisipkan Objek berupa gambar, clip art, shapes, dll, ke halaman yang sedang kita kerjakan.
  4. Links : digunakan untuk menghubungkan dokumen satu ke dokumen lain.
  5. Header & Footer : Digunakan untuk menambahkan Header (Catatan Kepala) atau Footer (Catatan kaki), yang nantinya akan muncul dihalaman - halaman berikutnya, biasanya berupa Copyright dan nomor halaman.
  6. Text : Digunakan untuk menyisipkan Teks selain dari halaman langsung, teks yang dibuat bisa berupa WordArt (Teks Variasi), Text box (Teks didalam Kotak), dll.
  7. Symbols : fitur ini berfungsi untuk menyisipkan Simbol - simbol yang tidak bisa dijumpai di Font.

  • PAGE LAYOUT :Menu ini berisi beberapa fitur untuk melakukan Pengaturan tambahan terkait dengan tata ruang pada dokumen Microsoft Word, hortcut untuk menu ini adalah (Alt + P)



  1. Theme : Berisi fitur untuk mengatur tema halaman Microsoft Word 2010 Kita, tema standar telah tersedia namun kita bisa menambahkan tema yang sudah dimodifikasi atau telah di download dari situs resmi Microsoft Word 2010.
  2. Page Setup : Berfungsi untuk mengatur halaman yang sedang aktif, terdiri dari margin untuk mengatur jarak teks dengan tepi halaman, Orientasi untuk mengatus posisi halaman apakah horizontal atau Vertikal, size untuk mengatur ukuran area halaman, Column untuk mengatur berapa banyaknya kolom baris dalam 1 halaman, dll.
  3. Page Background : Berisi fitur - fitur yang digunakan untuk mengatur background atau latar belakang halaman kita, Watermark untuk memberikan tanda agar halaman kita tidak ditiru oleh orang lain, Page Color untuk memberikan warna latar belakang halaman kita sesuai dengan kebutuhan, dan Page border berfungsi untuk menambahkan garis atau bingkai pada halamn kita.
  4. Paragraph : Berisi fitur - fitur yang berfungsi untuk mengatur paragraph pada dokumen kita, terdiri dari Indent yang berfungsi untuk mengatur jarak teks dari garis margin, Spacing untuk mengatur jarak antara baris paragraph atas dan bawah.
  5. Arrange : Berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap Objek yang telah kita sisipkan ke dalam dokumen, Position untuk mengatur posisi Objek, Wrap Text untuk mengatur posisi objek berdasarkan text apakah di depan teks dibelakang teks atau beriringan dengan teks, Dll.

Setelah Page Layout ada 4 Menu lagi yaitu  REFERENCES, MAILINGS, REVIEW, VIEW, namun keempat menu ini walaupun sama pentingnya tidaklah sering digunakan, jadi saya hanya menjelaskan fungsinya secara keseluruhan, kalian bisa mengeksplore'a dan memberikan pengertian menurut pengamatan kalian.

  • REFERENCES : secara umum berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan atau rujukan dalam penulisan berbentuk buku. Contoh penulisan berbentuk buku itu sendiri seperti skripsi, karya tulis ilmiah, makalah, paper, proposal, modul dan yang sejenisnya, Gunakan Shortcut (Alt + S) untuk mengaktifkan menu ini.
  • MAILINGS : Menu ini berfungsi untuk membuat surat masal, kita tidak perlu membuat ribuan surat hanya perlu menggunakan Mailings sehingga beberapa area saja yang dirubah, seperti Nama penerima surat, alamat penerima surat, dll, Shortcutnya adalah (Alt + M)
  • REVIEW : Berisi fitur untuk melakukan pemeriksaan dokumen yang sudah kita buat, Pengejaan, Bahasa, serta melakukan penghitungan karakter, kata, pada dokumen yang sudah kita buat bisa menggunakan shortcut Alt + R untuk mengaktifkan menu ini.
  • VIEW : secara umum berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen pada layar sehingga kita bisa melihat dokumen yang telah kita buat dari beberapa pilihan tampilan, kita bisa menggunakan Alt + W untuk mengaktifkan menu View ini.

Jangan menjadikan pengertian yang saya berikan sebagai acuan, karena pengertian menurut beberapa orang berbeda walaupun dengan inti yang sama, cermati dan langsung praktekan agar kalian bisa melakukan pengamatan dan memberikan pengertian menurut kalian sendiri menggunakan bahasa yang mudah kalian ingat.

Dengan kata lain kita sudah berhasil melewati BAB 1 Bagian 2 Mengenal Interface dan Fungsi Menu pada Microsoft Word 2010, Selanjutnya kita memasuki BAB 2 bagian 1 Membuat dokumen baru pada Microsoft Word 2010, semoga apa yang saya jabarkan bisa dimengerti dengan baik, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar,


0 komentar:

Posting Komentar