Popular Posts

What’s Hot

# 3.3 Mengatur Jarak Spasi Paragraf pada Microsoft Word 2010




Sebelumnya kita telah membahas mengenai cara membuat Alinea pada Microsoft word 2010 dan kali ini kita akan mempelajari sesuatu yang tidak kalah pentingnya dengan materi - materi pembahasan sebelumnya, Kita akan membahas cara Mengatur Jarak Spasi Paragraf pada Microsoft Word 2010, Jarak Spasi paragraf atau dalam Microsoft Word Lebih dikenal dengan Line Spacing merupakan sesuatu yang syarat akan kerapihan, Seperti halnya, Pembuatan Proposal, Makalah, Skripsi, dan Dokumen lainnya yang memperhatikan kerapihan, Line Spacing ini akan mengatur jarak baris yang satu ke baris lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Oke tidak perlu materi yang panjang lebar, langsung saja kita praktekan agar lebih cepat memahami, berikut adalah contoh paragraf yang Line Spacingnya diatur berbeda :



Nah... Gimana ? sudah mengertikan perbedaan paragraf pertama dengan paragraf kedua, karena Line spacingnya diatur berbeda, Jadi jarak Baris yang satu ke baris yang lain juga berbeda. Lalu bagaimana cara mengatur Line spacing ? Sama seperti menu-menu dan fasilitas-fasilitas lainnya, Untuk menggunakan fasilitas Line Spacing ada beberapa cara, saya akan jelaskan semua, kalian bisa memilih cara yang menurut kalian lebih efektif :


  • Melalui Menu Home

Seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya, Menu home berisi fasilitas-fasilitas dasar pengeditan atau penulisan yang sering digunakan, termasuk fasilitas Line Spacing itu sendiri, adapun cara menggunakannya adalah :

  1. Pilih Teks paragraf yang ingin kita ruba Line Spacingnya, dengan cara block teks awal sampai teks yang diinginkan.
  2. Klik menu Home, Lalu Pilih dan Klik Icon Line Spacing
  3. Pilih berapa point kita akan memberi jarak tiap barisnya, untuk standar penulisan makalah, proposal, ataupun skripsi gunakan point 1.5.





  • Melalui Dialog Paragraf

Kita bisa mengatur Line Spacing melalui Dialog Paragraf, lalu bagai mana cara menampilkan Dialog paragraf ?, Perhatikan Ikon Kecil dipojok kiri bawah, tiap Sub menu memiliki Ikon Kecil yang berisi menu tambahan begitu juga Sub Menu Paragraf.




  1. Block Teks yang akan diatur Line Spacingnya.
  2. Klik Ikon Paragraf untuk menampilkan Dialog Paragraf.
  3. Setelah Kotak Dialog Paragraf Muncul, ubahlah bagian Line Spacing sesuai kebutuhan.
  4. Tekan Enter atau klik OK jika sudah selesai.





  • Menggunakan Shortcut

Cara ini cukup mudah namun tidak banyak yang menggunakan cara ini, mungkin karena lebih cepat menggukan mouse ketika kita selesai block teks yang akan diedit, Namun seperti yang kita bicarakan diawal, gunakan cara yang menurut kita paling efektif, bisa jadi cara ini efektif untuk kalian.

  1. Block Teks yang akan Dirubah Line Spacingnya
  2. Tekan CTRL + 1 untuk mengatur Jarak Spasi 1 Point
  3. Tekan CTRL + 2 untuk mengatur Jarak Spasi 2 Point
  4. Tekan CTRL + 1.5 untuk mengatur Jarak Spasi 1.5 Point

Mudah bukan ? cara mana yang dipilih semuanya dikembalikan kepada individu masing-masing, atau mungkin pada prakteknya kita menemukan cara baru yang lebih simple, Bisa saja terjadi. 

Setelah kita menyelesaikan Materi ini, masih ada 6 bagian lagi di Bab 3 ini, Jika kalian mengikuti materi ini dari awal, semangat belajar kalian patut diacungi jempol, karena musuh terberat dalam proses belajar adalah rasa jenuh. selanjutnya kita akan mempelajari cara Mengatur Tabulasi pada dokumen Microsoft Word 2010. Apa itu tabulasi ?, apa fungsinya ? kita akan bahas di bagian selanjutnya.

Seperti materi - materi sebelumnya, saya berharap kita dapat memahami materi ini, jika mengalami kendala dalam mempraktekannya silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, saya akan memberikan jawaban sebisa mungkin.



0 komentar:

Posting Komentar